Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 18 Mei 2013

Pelestarian Lingkungan Tanah




Tanah merupakan sumber mata pencaharian manusia di Bumi.Maka dari itu tanah yang baik sangat dibutuhkan oleh manusia.Namun,pada saat ini tanah yang baik sukar ditemukan,apalagi di perkotaan.Untuk menjaga tanah yang baik ada beberapa cara yang dapat kita lakukan,diantaranya yaitu:
1.       Reboisasi.
Reboisasi sangat penting.Dengan melakukan reboisasi di daerah yang gundul itu dapat membuat tanah menjadi subur kembali.




1.Membuang sampah pada tempatnya.
Membuang sampah pada tempatnya dapat dilaksanakan pada kehidupan sehari-hari.Dengan Membuang sampah pada tempatnya tanah akan terhindar dari bahan-bahan kimia yang terkandung dalam sampah. Membuang sampah pada tempatnya dapat dilakukan dengan membuang sampah plastik terpisah,membuang sampah kertas terpisah,membuang sampah daun terpisah.
2. Membuat lubang biopori dan sumur resapan.
Membuat lubang biopori dan sumur resapan guna untuk meresapkan air ke tanah agar tanah tetap menyimpan banyak air dan guna untuk menghindari terjadinya banjir.
4.       3.Pembuatan green house.
Pembuatan green house guna agar tanah tetap subur.Green house juga berguna untuk menghasilkan O2 yang bermanfaat untuk membantu pernafasan manusia.
5.        4.Rotasi tanaman.
Rotasi tanaman baik secara tumpangsari maupun tumpang gilir, agar unsur-unsur hara dan kandungan organik tanah tidak selamanya dikonsumsi oleh satu jenis tanaman. 

0 komentar:

Posting Komentar